Rabu, 16 Oktober 2013

Desa Haruyan



Desa Haruyan merukan Desa yang berada didataran rendah namun tergolong tinggi dari daerah-daerah lain diwilayah Kecamatan Haruyan. Adapun asal usul nama Desa Haruyan tidak begitu jelas tercerita, Desa haruyan dilalui oleh sebuah sungai yang berhulu di pegunungan Loklaga dan bermuara di sebuah danau rawa di daerah sungai buluh, adapun adapun nama sungai tersebut sama dengan nama desa yaitu Desa Haruyan.
Awal mula Desa Haruyan dibentuk dari penggabungan dua buah Desa yang masing-masing dipimpin oleh seorang kepala desa, kemudian dengan adanya kebijakan dari pemerintah Kabupaten Hulu  Sungai Tengah, desa tersebut digabungkan menjadi satu desa yang diberi nama Desa Haruyan.
Karena semakin banyak yang menetap dan penduduknya semakin bertambah, serta sarana dan prasarana yang semakin memadai dan didukung oleh pesatnya  perkembangan perokonomian masyarakat desa tersebut, di tambah dengan berdirinya sebuah pabrik pengolahan  karet, sehingga kemajuan perekonomian masyarakat dari tahun ketahun semakin maju dan berkembang.
Wilayah Desa Haruyan tergolong daerah yang subur untuk lahan pertanian dan merupakan salah satu sember penghasilan pangan daerah.
Karena stretegisnya letak Desa Haruyan dan didkung oleh sarana prasarana yang sangat menunjang, maka dibangunlah kantor-kantor pemerintahan yang kemudian oleh pemerintah Desa Haruyan dijadikan ibu kota Kecamatan Haruyan.
Sampai sekarang desa ini bernama desa haruyan dan merupakan daerah wilayah Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah Propinsi Kalimantan Selatan.

Desa Haruyan merupakan desa yang berada didataran rendah namun tergolong tinggi dari daerah-daerah lain diwilayah Kecamatan Haruyan. Letak geografis Desa Haruyan sebelah utara berbatasan dengan Desa Pengambau Hilir Dalam, dan Desa Tabat Padang, sebelah selatan berbatasan dengan desa Haruyan Seberang, di sebelah timur Berbatasan dengan Desa Lokbuntar dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Andang.
Wilayah Desa Haruyan berada pada ketinggian 5-10 dari permukaan laut dengan kelembaban 28ºC-30ºC. luas wilayah desa Haruyan 1.000 ha yang sebagian besar merupakan wilayah pertanian. Luas wilayah desa haruyan terdiri dari wilayah pemukiman seluas ±30 ha, wilayah persawahan ±680 ha, wilayah perkebunan ±200 ha, wilayah pematang ±30 ha, pemakaman umum ±5 ha, dan berupa perkantoran serta sarana prasarana Desa ±55 ha.
Desa Haruyan merupakan bagian dari daerah kabupaten Barabai Propinsi Kalimantan Selatan dan berjarak ±160 Km dari ibu kota propinsi yaitu banjarmasin. Jumlah penduduk haruyan untuk data tahun 2010 ±953 jiwa dengan jumlah penduduk laki-laki 472 jiwa dan perempuan 481 jiwa yang terbagi 290 KK. Dari jumlah tersebut jumlah kepala  keluarga yang tergolong sebagai rumah tangga miskin 50 KK.
Mata pencaharian penduduk sebagai petani mencapai ±75% sesuai dengan kondisi wilayah Desa Haruyan sebagian besar merupakan lahan pertanian, 15% pekerja swasta, 5% pedagang, 5% pegawai negri sipil, penghasilan masyarakat sebagian petani kurang mencukupi untuk kebutuhan mereka sehari-hari, karena pertanian kadang-kadang cuma satu kali dalam setahun.
System pertanian sebagian kecil sudah mulai menggunakan system modern, sehingga sehingga hasil yang di dapat di pertanian kurang maksimal, walaupun irigasi sudah ada namun penggunaanya tidakah dapat memenuhi kebutuhan lahan pertanian seluruhnya.
Selain masalah pertanian, masalah perkebunan perikanan dan perternakan juga tergantung iklim dan musim. Dan masyarakat desa Haruyan sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk permodalan dan pembibitan yang unggul.
Desa Haruyan memiliki lahan yang cukup luas, namun pendapatan pendapatan masyarakat tidak maksimal.
 
NO
Jenis Prasarana dan Sarana Desa
Jumlah
Keterangan
1
TK
2

2
SD/MI
3

3
SLTP
1

4
SMU/MA
1

5
BALAI RAKYAT
1

6
RUMAH BIDAN
1

7
PASAR
1

1 komentar:

  1. Sejarah bendungan haruyan dayak tau ga om ? yg selengkapnya

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan sopan